Monster Hunter Rise: What’s New Compared to World and Iceborne

Gak kerasa sudah mau tanggal 26 Maret, yang berarti salah satu judul yang mimin sudah tunggu-tunggu, Monster Hunter Rise, akan dirilis untuk konsol Nintendo Switch minggu depan.

Setelah judul terakhir mereka, Monster Hunter World dirilis untuk PlayStation 4, Xbox One, keputusan merilis judul terbaru mereka di Switch mungkin terasa seperti kemunduran dibanding kemajuan.

Dari segi graphic, Switch sebagai handheld console memang belum bisa bersaing dengan Console seperti PS4 dan Xbox One yang memang dari segi Hardware lebih unggul. Tapi bukan berarti Monster Hunter Rise menjadi tidak layak untuk ditunggu!

Ada banyak fitur baru dari Monster Hunter Rise yang menurut mimin lebih oke daripada yang ada di MHW dan membuat gameplay Monster Hunter Rise sendiri lebih mudah untuk dinikmati.

Wire Bug is your best friend!

Fitur yang satu ini bisa dibilang menjadi sesuatu yang saat bermain Monster Hunter Rise nanti harus segera kalian kuasai karena fitur ini mebawa banyak perubahan dari combat di MHW.

Satu Hal yang mimin kurang suka dari Monster Hunter World adalah: It Feels Really Slow!

Ini juga alasan kenapa mimin lebih suka dengan seri berburu monster lainnya, God Eater yang memberikan pengalaman berburu monster yang lebih fast paced dibandingkan Monster Hunter.

Tapi dengan hadirnya  fitur WireBug di Monster Hunter Rise ini, mobilitas dari player mendapatkan peningkatan yang sangat besar dan flo dari battle melawan monsternya pun menjadi lebih smooth!

Mungkin akan ada yang bependapat: it’s not realistic! Tapi video game dan monster sendiri bukanlah hal yang realistic, dan kalau ada juga yang berpendapat game nya jadi terlalu mudah, memilih tidak menggunakan Wirebug ini bisa jadi opsi bagi mereka yang ingin tantangan lebih!

Wyvern Riding

Fitur yang ini menggantikan fitur mounting dengan menggunakan aerial attack yang ada di judul-judul Monster Hunter sebelumnya.

Satu hal yang menjadi masalah dari fitur mounting yang lama adalah sedikitnya kesempatan yang bisa player gunakan untuk menggunakan fitur ini karena untuk monster berukuran besar, dibutuhkan bantuan platform untuk bisa men-trigger fitur ini.

Namun di Monster Hunter Rise, fitur Wyvern Riding ini memperbaiki problem yang ada dengan fitur mounting yang lama, sekaligus menambah warna dari permainan Monster Hunter Rise sendiri.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, player hanya perlu membuat monster yang dihadapi dalam keadaan terjatuh, dan akan ada opsi untuk menunggangi monster yang kalian jatuhkan.

Saat menunggangi monster, effectively kita bermain menggunakan monster ini dimana tiap monster mempunyai moveset yang berbeda pula.

Dan kalau hanya ada satu monster saja, kita juga bisa menggunakan fitur Wyvern Riding ini menabrakan monster ini ke tembok untuk memberikan damage besar dan berpotensi menjatuhkannya juga.

New Companion: Palamute

Teman baru yang akan menemani player saat berburu monster. Bisa ditunggangi untuk mobilitas, bisa didandani dengan armor biar keren, dan membantu menyerang musuh juga. 10/10 certified good boi. Definitely not a Zacian nor Zamazenta.

More Direct Gameplay focused on Action

Yes, Monster Hunter World dengan segala aktivitas diluar Hunting nya seperti mengumpulkan material untuk crafting support item di dunia yang dibuat se-realistic mungkin memiliki pasar nya tersendiri.

Namun sebagai Game yang akan dirilis untuk Console Handheld, gameplay permainan seperti MHW mungkin menjadi kurang cocok untuk game yang juga harus dikondisikan untuk dimainkan saat traveling ini.

Oleh karena itulah gamplay dari Monster Hunter Rise dibuat lebih simple dengan map yang lebih linear dan buff yang bisa player bisa dapatkan hanya dnegan mencari “endemic life forms” yang bisa ditemui di sepanjang map.

Walaupun kondisi ini membuat lebih sedikitnya aktivitas player di map diluar dari berburu monster, di sisi lain player bisa lebih cepat terjun ke pertarungan melawan monster yang tentunya menjadi tujuan utama dari game ini, dan personally, mimin lebih suka dengan direct approach seperti ini.

Hal yang sama juga berlaku untuk Kamura Village yang menjadi basecamp bagi pemain di Monster Hunter Rise ini.

Dengan skala kota yang lebih kecil namun padat, semua aktivitas mulai dari crafting weapon, mengambil quest, dan mengunjungi kedai dango (untuk mendapatkan buff), semuanya tersentralisasi dengan jarak yang tidak terlalu jauh satu sama lain.

_________________________________________________________________

In Summary, Monster Hunter Rise adalah game yang cocok untuk mereka yang lebih mengapresiasi kemudahan dan fitur QoL dibandingkan dengan level realism yang ditawarkan oleh Monster Hunter World.

Selain itu Monster Hunter Rise sendiri serasa lebih dekat dengan judul Monster Hunter sebelum World yang lebih direct dan simple, dengan tambahan fitur baru dan grafis yang lebih cantik tentunya.

Tentu saja mimin tidak mengatakan kalau Monster Hunter Rise lebih baik dibandingkan dengan Monster Hunter World karena preferensi tiap orang pastinya berbeda.

Tapi untuk kalian yang merasa kurang cocok atau terintimidasi dengan Monster Hunter World, namun masih ingin mencoba untuk masuk ke dunia MonHun ini, mungkin Rise bisa jadi judul MonHun yang lebih cocok buat kamu!

Leave a Reply

Earn More Points
  • Sign up for an account and earn
    5000 Points
  • Place an order and Earn 1 Points on every Rp100 spent
  • Refer Someone
    Reward is: 2000 Points
  • Earn on someone else's purchase
    Reward is: 5000 Points
  • image
    Apply Points on Cart Total

    Conversion Rule: Rp1 = 1 Points

Earn More Points Earn More Points
×